Teknologi & Sains

Registrasi Kartu SIM Bisa Ungkap Penyebar Pesan Spam

Pemblokiran total akan dilakukan pada 1 Mei 2018, artinya pelanggan tidak bisa lagi menggunakan kartu SIM tersebut karena semua layanan sudah dimatikan.

Beritasepekan.net (Tekno) – Salah satu tujuan program registrasi kartu SIM adalah menghentikan pesan spam seperti undian hadiah, penawaran kredit atau berbagai bentuk promosi lain.

Namun nyatanya, pesan spam masih saja muncul meski pemerintah telah memberlakukan pemblokiran tahap satu untuk pelanggan yang belum melakukan registrasi.

Menanggapi hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan bahwa hasil akhirnya baru bisa dilihat mulai Mei 2018. Pemerintah memberlakukan pemblokiran bertahap bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi kartu SIM.

Pemblokiran total akan dilakukan pada 1 Mei 2018, artinya pelanggan tidak bisa lagi menggunakan kartu SIM tersebut karena semua layanan sudah dimatikan.

“Saya katakan nanti, ini kan baru tahap satu. Saya berharap kalau nanti sudah bersih pada Mei, kami bisa lebih cepat merespons (pesan spam),” tutur Rudiantara saat ditemui dalam acara diskusi publik Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Kendati demikian, Rudiantara tidak bisa menjamin pesan spam akan hilang 100 persen. Namun dengan ada program registrasi kartu SIM, setidaknya pesan-pesan spam itu akan berkurang.

“Pasti ada yang jahat, tapi penanganannya harus lebih baik lagi. Kalau sekarang mau ditanganin, orangnya siapa? Tapi nanti bisa ketahuan dengan menghubungi operator untuk diteruskan ke Dukcapil, jadi kita tahu siapa orangnya (pengirim pesan spam),” jelasnya.

Ke depannya, kata Rudiantara, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan difungsikan lagi untuk pelayanan pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan nantinya juga bisa menyampaikan aduan mereka langsung ke BRTI.

“Kalau perlu dibuat sama BRTI (sistem pelaporan). Apa susahnya bikin senang masyarakat. Untuk aduan konten kan sudah ada, ya jadi kita bikin masyarakat senanglah ,” ungkap pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Tags

Beritasepekan.Net

Beritasepekan.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Related Articles

Close