Regional

TEGAKKAN SYARIAT ISLAM DI ACEH TIMUR, SATPOL PP DAN WH GELAR RAZIA

Aceh Timur

Puluhan muda-mudi dan Pegawai Negri Sipil (PNS) terjaring razia gabungan untuk penertiban busana syari’ah sariat islam. Razia dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) tepatnya di depan hotel royal, jalan medan Banda Aceh.
T. Amran (Ampon) Kasat Pol PP dan Muzakir kabid WH Aceh Timur mengatakan, razia yang digelar tersebut merupakan oprasi penegakan dan pengawasan syariat Islam di Aceh Timur
Menurutnya, ada beberapa pelanggar syariat Islam, yang terjaring razia Satpol PP dan WH Aceh Timur diantaranya adalah perempuan dan beberapa orang laki-laki. Di samping itu, ada Pegawai Negri Sipil yang berada di luar kantor saat jam dinas.
“Totalnya itu ada sekitar puluhan orang, kalau yang pelanggar syariat Islam, kita langsung bina di lapangan. Selanjutnya kita data agar tidak mengulangi perbuatan yang sama, sementara untuk PNS itu juga kita surati intansi tempat dia bekerja”, jelas Ampon kasat Pol PP melalui kabid WH,kamis (30/2019).Muzakir kabid WH menambahkan, kasus pelanggar syariat Islam yang masih sering terjadi ialah menyangkut soal busana, untuk wanita masih banyak yang menggunakan pakaian atau celana ketat, dan ada juga yang naik Sepeda Motor bukan muhrim,tapi berboncengan seperti suami istri yaitu berpelukan.

Sementara untuk PNS yang terjaring razia adalah mereka yang berada di luar kantor saat jam dinas, dan penggunaan aset kantor seperti mobil dinas oleh pihak lain.
“Tadi juga kita dapatkan ada yang pakek mobil dinas keluar kantor tampa surat izin yang jelas kebetulan mobilnya itu milik Pemkab Aceh Timur,” jelas Muzakir.
Dalam kesempatan itu, Muzakir juga menghimbau, setiap masyarakat Muslim agar dapat menggunakan pakaian sesuai dengan syariat Islam yang berlaku di Aceh, sementara bagi non muslim juga tetap di anjurkan untuk berbusana yang sopan dan tidak terlalu terbuka, meskipun dibolehkan tidak menggunakan jilbab atau penutup kepala.
“Kalau pendatang ya disesuaikan juga, artinya kita tetap terbuka siapa saja boleh datang, tapi tetap menggunakan pakaian sopan,” ungkap Muzakir . (Iwan) Aceh Timur

Beritasepekan.Net

Beritasepekan.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Related Articles

Close