Nasional

Warga Pesanggrahan Gelar Tradisi Bobok Bumbung Untuk Lunasi Pajak

____
Cilacap – Sejumlah warga masyarakat di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap menggelar Tradisi Bobok Bumbung , Senin (4/3).

Pesanggrahan sendiri adalah sebuah Desa di Kecamatan Kroya yang luas wilayahnya mencapai 153 ha tersebut terdiri dari dua dusun, 4 RW dan 12 RT. Dengan jumlah penduduk sebanyak 4.720 jiwa dan 1.329 kepala keluarga, dan sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani dan pedagang.

Kirab yang dilakukan warga masyarakat di desa setempat saling menampilkan kreasinya masing-masing untuk mengiring sebuah Jolen, miniatur rumah yang didalamnya terdapat ribuan potongan bambu yang telah diisi uang pembayaran pajak bumi dan bangunan.

Warga di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap sudah melakukan tradisi bernama Bobok Bumbung ini lima kali berturut-turut. Dan merupakan tradisi yang sudah ada serta diwarisi oleh para leluhur.

Sebelumnya tradisi ini dilakukan dengan rembugan antara Kepala Desa Pesanggrahan dengan para sesepuh warga setempat. Setelah itu warga diberi tahu beberapa bulan sebelum Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Bumi dan Bangunan (SPT PBB) diserahkan. Warga pun langsung menabung di selongsong bambu (bobok bumbung) dan ketika SPT diberikan, warga siap membayar.

Yang unik dari tradisi ini adalah dilakukannya prosesi pembayaran dengan cara kirab keliling kampung menuju balai desa setempat.

Kepala Desa Pesanggrahan Sarjo mengatakan, pembayaran pajak seperti ini merupakan tradisi warisan leluhur.

“Para warga ke balai desa untuk setor pajak, mereka datang dengan tersenyum dan dengan bahagia. Tradisi seperti ini kan tidak ada di tempat lain di Indonesia. Ini salahsatu bentuk ketaatan warga Pesanggrahan kepada pemerintah, selain itu juga Nguri-uri warisane simbah anak-putu Desa Pesanggrahan” Kata Sarjo.

Menurut Sarjo PBB desa Pesanggrahan terus mengalami peningkatan.

“Tahun kemarin, penerimaan PBB hanya Rp40 juta sedangkan pada tahun ini telah mengalami peeningkatan yakni sekitar 80 persen menjadi Rp70 juta dari 2.056 wajib pajak. Ini tradisi patokannya orang Cilacap. Kami tidak akan menggeser-geser,” Terangnya.(red/M)

Beritasepekan.Net

Beritasepekan.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Related Articles

Close