Nasional

KKW (Kelompok Kerja Wartawan) Kota Bogor Gelar Raker Perdana

Berita Sepekan (09/03/2019)
Bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Bogor Jln. Raya Padjajaran No. 1/19 Kota Bogor.
Rapat Kerja Perdana KKW Kota Bogor dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Bogor Terpilih, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sekjen PWI Kota Bogor, Perwakilan Kejaksaan Negri Kota Bogor, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Bogor, Perwakilan Disdukcapil Kota Bogor, Ketua KNPI Kota Bogor dan Ketua AMS Kota Bogor.

Ketua KKW kota Bogor Budi Dalimunte membuka Raker dan menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakan acara tersebut.

“Bagaimana kedepan organisasi profesi wartawan ini bisa berguna bagi masyarakat kota Bogor khususnya. untuk kedepan, seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) bisa membangun sinergi positif dengan para wartawan,” ungkapnya

“Pandangan negatif yang selama ini melekat pada profesi wartawan dan saya akan merubah hal itu,” ujarnya.

Lanjut Budi, kami ingin berkarya yang bermanfaat untuk pemerintah dan masyarakat Kota Bogor. Dengan program saling sinergi, agar bisa kerjasama dengan baik,”terimalah kami sebagai mitra”.

Ia berharap, Polri-TNI, kejaksaan, pengadilan, serta elemen pemerintah terkait bisa sinergi dengan para kaum jurnalis,

“Dengan adanya KKW, bisa membantu informasi apapun untuk membantu pemerintah dan masyarakat kota Bogor,” tutupnya.

Selanjutnya Wakil walikota Bogor Dedi Rahim, menanggapi pernyataan ketua KKW, ia sangat mendukung apa yang menjadi rencana progam kerja KKW yang akan diisambut baik yang patut menjadi pertimbangan.

Kedepan, kata dia, misi saya memajukan kota bogor, wartawan adalah pilar ke 4.. pungsi kontrol ada di wartawan, wartawan itu harus kompak dan bersatu, wartawan harus mempunyai kompetensi yang cukup dalam penulisan.

Ia mengingatkan para wartawan agar selalu memegang teguh, “Nilai pers adalah kejujuran integritas dan setia pada keadilan, dan itu harus menjadi bagian paling penting menjadi wartawan,” terangnya.

“Pemerintah kota bogor akan mendorong agar seluruh para wartawan di Kota bisa berkembang dan semakin cerdas dalam menyikapi kinerja pemerintah kota bogor,” ujarnya.

Sementara, selaku tuan rumah tempat dipakainya acara, Kepala dinas pendidikan Kota Bogor, Fachrudin menyampaikan, negara hadir membantu menyelegarakan acara ini terealisasi, melalui dinas pendidikan, mudah-mudahan kedepan KKW menjadi lebih baik dan profesional.

“KKW bisa mengambil peran dalam memperbaiki segala kekurangan yang ada. Semoga KKW memberikan manfaat yang lebih positif dan bersinergi khususnya dengan Disdik,” singkatnya.

Lalu, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Kota Bogor, Devan menyampaikan bahwa KKW kita beri rekomendasi untuk mengawasi aktifitas seluruh wartawan di kota bogor,

“Dalam raker KKW ini, kami dari PWI mengingatkan, agar bisa melakukan perubahan makna pers kembali pada makna sebenarnya.

“Kita akan rubah image atau pandangan bahwa bad news is good news. Berita baik ya baik.. berita buruk ya buruk,” katanya.

“PWi akan mulai dari kotak kotak kecil, dan PWI membolehkan membentuk kepanjangan tangan, seperti yang dilakukan sekarang oleh KKW,” terangnya.

Ia menjelaskan efek tajamnya tulisan wartawan yang bisa membuat positif dan negatifnya seseorang yang telah diberitakan, lalu bagaimana dalam berita itu tidak merugikan pihak yang diberitakan,

Ia pun menjelaskan makna, “Kampanye tentang Hoax, bahwa hoax itu kabar bukan berita, hoax itu info, ..(makna) berita.. untuk seorang wartawan itu sangat sakral, jadi jangan samakan hoax dengan berita,”

“Kwalitas seorang wartawan harus benar benar teruji dan an bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya.

Setelah sambutan Sekretaris PWI, ia membuka rapat kerja KKW, dan acara dilanjutkan dengan rapat tertutup para anggota KKW.(ria)

Beritasepekan.Net

Beritasepekan.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Related Articles

Close