Nasional

Bea Cukai Lakukan Pemusnahan Puluhan Ribu Batang Rokok dan Miras

____
Cilacap – Lebih dari 45 ribu batang rokok ilegal dan 65 ribu mililiter minuman beralkohol illegal di musnahkan di depan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap melakukan pemusnahan Selasa (26/2).

Selain rokok llegal, Bea Cukai juga memusnahkan 70.300 gram tembakau iris dengan cara dibakar, sedangkan miras dihancurkan di dalam sebuah drum bekas.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cilacap Wisnu Wibowo mengatakan, barang-barang yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan Bea Cukai Cilacap selama 3 tahun.

“Sejak 2016 hingga 2018 kami melakukan penindadakan bea cukai di wilayah Kabupaten Cilacap dan Kebumen yang juga bekerjasama dengan aparat penegak hukum terkait di wilayah kerja Cilacap dan Kebumen dalam penindakan barang-barang illegal ini,” Ucap wisnu.

Dari ketiga barang tersebut dilakukan pemusnahan karena tidak memiliki izin produksi, tidak dilekati pita cukai sehingga hal tersebut melanggar ketentuan kepabeanan dan cukai.

“Ketiga barang tersebut merupakan barang ilegal yang tidak memiliki izin produksi dan tidak dilekati pita cukai, hanya dilekati pita cukai palsu atau pita cukai bekas, jadi hal ini tentu saja melanggar ketentuan kepabeanan dan cukai” lanjutnya.

Pemusnahan barang-barang ilegal itu dilakukan dengan alasan barang-barang tersebut berbahaya dan dapat merusak moral masyarakat dan generasi muda.

“Penindakan dan pemusnahan ini sebagai wujud implementasi tugas fungsi Bea dan Cukai serta bukti sinergi bersama instansi lain, seperti Lanal Cilacap, Kejaksaan Negeri Cilacap dan Kebumen, Polres Cilacap dan Kebumen, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Purwokerto, Satpol PP Cilacap dan Kebumen dan pihak terkait lain,” Kata Wisnu

Dalam kesempatan itu Bea dan Cukai juga menyampaikan sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2019 sera kampanye stop miras dan vape ilegal.(red/M)

Beritasepekan.Net

Beritasepekan.net tidak hanya menerbitkan portal berita online, kami juga menerbitkan buletin / tabloid mingguan yang kami rangkum dalam waktu 1 minggu terakhir.

Related Articles

Close